Definisi, Jenis dan Fungsi Wallet

Sebelumnya saya sudah memberikan artikel tentang Informasi Seputar Bitcoin. Jadi kali ini saya akan membuat artikel tentang pengertian wallet agar bertahap dan memudahkan untuk para pemula mempelajarinya.

Apa Itu Wallet?
Wallet atau sering disebut dompet jika di terapkan dikehidupan sehari hari itu berfungsi sebagai Bank. Mengapa demikian? Karena pada dasarnya fungsinya memang seperti itu, menyimpan saldo bitcoin atau altcoin kita. Jadi semua aktifitas berkaitan dengan mengirim / menerima (menyimpan) bitcoin dan cryptocoin lainnya itu disimpan di wallet. Jadi wallet itu adalah elemen paling penting dalam dunia cryptocoin.

Bagaimana Saya Bisa Mendapatkan Wallet Untuk Menyimpan Bitcoin dan altcoin Saya?
Banyak sekali web yang menyediakan wallet untuk bitcoin atau Cryptocoin lainnya seperti dogecoin, litecoin, dll. Namun kita harus bisa memilih wallet mana yang cocok untuk kita, karena setiap wallet memiliki perbedaan masing masing. Misalnya ada salah satu layanan penyedia wallet yang tidak memberikan fitur lupa password demi alasan keamanan seperti blockchain. Wallet juga memiliki 2 Tipe. yaitu :

- Offline
- Online

Offline
Untuk wallet offline ini kita harus mendownload software yang telah disediakan untuk mengakses wallet kita.

Kelebihan wallet offline
Dalam segi keamanan menurut saya sedikit lebih bagus tipe ini, namun semua itu kembali ke diri masing masing.

Kelemahan wallet offline

  • Membutuhkan kapasitas penyimpanan yang besar.
  • Proses penyingkronan yang lama kalau koneksi internet labil, lelet dan lemot.
  • Perawatan extra karena coin kita bisa hilang apabila terjadi kerusakan pada perangkat tempat instalasi, dll.


Bagi yang lebih suka wallet jenis offline, sekarang ada salah satu jenis wallet offline yang benar-benar memberikan kemudahan yaitu Coinomi. Wallet ini gak perlu sinkronisasi dan proses perawatan lebih mudah karena wallet ini menyediakan berbagai jenis coin atau multicoin. Saya pribadi juga memakai wallet ini.

Untuk lebih jelas tentang cara instal dan mengunakan wallet coinomi teman bisa baca artikel saya yang berjudul Cara Membuat Walet Bitcoin dan Altcoin Paling mudah dan Aman

Online
Untuk tipe ini seperti biasa saja, untuk mengaksesnya kita cukup buka browser kita lalu lakukan registrasi dengan mengisi data yang di minta. Mungkin Anda sudah tau karena tipe ini sudah umum dimana mana. Untuk situs yang menyediakan tipe ini yang saya rekomendasikan adalah bitcoin.co.id, Blockchain, Coinbase dan xapo keempat wallet ini memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing tinggal anda pilih yang mana cocok dengan anda. 

Perlu diketahui memiliki wallet adalah syarat mutlak untuk memulai bisnis cryptocoin. Jadi bagi yang memiliki keinginan untuk memulai bisnis cryptocoin maka segeralah bikin wallet sesuai dengan selera dan kebutuhan anda. Saran pilihlah wallet yang banyak digunakan agar uang kita tidak dibawa kabur.  Semoga artikel ini dapat membantu Anda memperdalam ilmu tentang cryptocoin.

Salam Bitcoiner.
Terima kasih, Sampai jumpa lagi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Definisi, Jenis dan Fungsi Wallet"

Post a Comment